Office LTSC – Setelah diperkenalkan pada Maret lalu, Microsoft secara resmi meluncurkan Office Long Term Servicing Channel (LTSC) 2024 pekan ini. Office LTSC 2024 adalah versi Microsoft Office yang tidak memerlukan biaya berlangganan, berbeda dengan aplikasi Microsoft Office yang tergabung dalam layanan Microsoft 365.

Artinya, perusahaan atau pelanggan bisnis dapat membeli lisensi Office LTSC 2024 satu kali dan memilikinya secara permanen. Selain itu, Office LTSC 2024 juga tidak memerlukan koneksi internet ketika digunakan dan tidak membutuhkan pembaruan berkala, karena software ini dirancang agar tidak mendapatkan fitur baru hingga lima tahun ke depan.

Menurut Microsoft, Office LTSC 2024 adalah software yang tepat bagi pelanggan bisnis di beberapa industri, terutama bagi mereka yang tidak ingin pembaruan Microsoft Office mengganggu sistem komputer mereka.

Office LTSC 2024 dirancang untuk perangkat yang perlu tetap aman dan tidak terhubung dengan internet

atau untuk perangkat di layanan publik yang tidak memerlukan pembaruan secara berkala, menurut perwakilan Microsoft dalam blog resmi mereka. Karena tidak terhubung dengan internet, Office LTSC 2024 juga menjadi pilihan tepat bagi perusahaan yang ingin menghindari ancaman dari peretas di dunia maya, karena tidak memerlukan koneksi internet.

Di dalam Office LTSC 2024, pengguna akan menemukan aplikasi esensial seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneDrive, OneNote, hingga Access. Namun, pengguna tidak dapat mengedit dokumen di beberapa perangkat lain secara langsung, karena dokumen akan tersimpan di perangkat lokal, bukan di cloud seperti pada Microsoft 365.

Meskipun Office LTSC 2024 tidak akan mendapatkan pembaruan fitur

selama masa pakainya, Microsoft tetap akan mengirimkan pembaruan fitur keamanan apabila diperlukan. Selain itu, Microsoft memberikan dukungan pemakaian (support) untuk software ini selama lima tahun melalui kebijakan Fixed Lifecycle Policy. Hal ini berarti pelanggan tidak perlu khawatir jika ada masalah terkait penggunaan software produktivitas ini.

Untuk ketersediaan, Office LTSC 2024 sudah dapat diakses oleh pelanggan bisnis, komersial, dan pemerintahan dengan status “volume licensed”, atau yang telah membeli lisensi Office untuk satu perusahaan, mulai hari ini.

Rencananya, Office LTSC 2024 untuk pengguna umum dan bisnis baru akan tersedia mulai 1 Oktober 2024 mendatang. Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan Office LTSC 2024 bagi pengguna umum (consumer) akan disampaikan oleh Microsoft dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dilansir dari Microsoft.com, Rabu (18/9/2024).

Untuk ketersediaan, Office LTSC 2024 sudah dapat dijajal oleh pelanggan bisnis, komersial, dan pemerintahan yang memiliki status “volume licensed”, atau yang telah membeli lisensi Office untuk satu perusahaan, mulai hari ini.

Selain itu, Microsoft memberikan dukungan pemakaian (support) untuk Office LTSC 2024 selama lima tahun melalui kebijakan Fixed Lifecycle Policy. Artinya, pelanggan tidak perlu khawatir jika terjadi masalah terkait penggunaan software produktivitas Microsoft ini selama periode tersebut.

Seperti disebutkan di atas, Office LTSC 2024 tidak akan mendapatkan pembaruan fitur. Namun, Microsoft akan tetap mengirimkan sejumlah pembaruan keamanan jika diperlukan untuk memastikan keamanan software tetap terjaga.

 

Baca juga artikel dari JenniferBlake.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan